5 Talent Yang Paling Dibutuhkan Di Dunia Kerja

Sangat penting untuk memahami dan mengukur pentingnya aktifitas pengetahuan manajemen ini karena dengan begitu perusahaan dapat lebih efisien dalam menjalankan bisnisnya serta pemerintah dapat mengeluarkan aturan atau kebijakan untuk mendukung manfaat ini. Memiliki keunggulan dalam menghasilkan pengetahuan berbasis penelitian dan pengembangan dalam bidang desain komunikasi visible, baik berupa karya ilmiah, rancangan karya, maupun program terapan yang memiliki kemanfaatan luas. Upaya itu diimplementasikan dengan meluncurkan platform Simonas yang berfungsi untuk merekrut tenaga kerja sekaligus sebagai national expertise pool yang dapat digunakan oleh kandidat pencari kerja dan perusahaan atau instansi yang memerlukan tenaga kerja. Tahapan ini melingkupi proses pencarian dan pengolahan knowledge jabatan menjadi informasi jabatan yang dituangkan dalam bentuk uraian jabatan. Ini berakar pada kemampuan perusahaan untuk mengintegrasikan dan mengoordinasikan berbagai sumber daya inner. Itu tidak hanya dengan mempekerjakan staf yang cerdas dan inovatif.

Mencari pekerja yang kompeten untuk suatu perusahaan

Banyak perusahaan di Indonesia gagal memahami ini, sehingga 66% karyawan di Indonesia cenderung meninggalkan perusahaan tempatnya bekerja dalam kurun waktu 2 tahun. Sementara hanya 34% mengemukakan niat untuk bertahan di perusahaan tempatnya bekerja saat ini. Kondisi ini karena mereka kesulitan memahami faktor-faktor yang mendorong loyalitas dan engagement para pekerja profesional di Tanah Air terhadap perusahaan mereka.

Hal ini dikarenakan sistem kompetisi pada proses tender yang membuat para peserta berlomba-lomba untuk memberikan penawaran sebaik mungkin dengan harga semurah mungkin. Dalam tender paket pekerjaan atau pengadaan barang, harga yang di dapat oleh pihak penyelenggara akan seminimal mungkin, dimana akan membantu menghemat anggaran yang telah ditentukan sebelumnya. Tender biasanya bersifat terbuka, sehingga setiap penawaran dari setiap perusahaan dapat terlihat oleh pihak-pihak yang bersangkutan.

Tidak hanya itu, HRD juga dituntut memiliki kemampuan menyusun strategi manajemen yang baik. Mulai dari merancang skema penggajian yang baik, memproses rekrutmen dan pelatihan karyawan, dll. Tanpa strategi manajemen yang baik, tentu semua pekerjaan HRD menjadi amburadul.

Masukan dari karyawan ini juga bisa menjadi salah satu strategi HR untuk memberikan kegiatan yang bisa membangun hubungan baik antara HR, karyawan, dan perusahaan. Beberapa orang mungkin tidak menyadari dan mengetahui tentang talent atau kemampuan yang mereka miliki, hal itu disebabkan karena tidak adanya keinginan atau belum adanya kesempatan untuk bisa menunjukan atau mengexplor apa yang mereka punya. Untuk mempermudah pencapaian tujuan perusahaan, tujuan individu harus memiliki keselarasan dengan tujuan organisasi. Penerapan manajemen SDM dapat membantu perusahaan dalam menentukan tujuan dan mengukur pencapaian tujuan. Setiap organisasi atau perusahaan pasti memiliki tujuan yang jelas, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Untuk memberikan tingkat kompensasi yang baik kepada karyawan, manajemen harus memiliki pengelolaan keuangan dan perencanaan yang baik.

About the Author

You may also like these